Faihana hikari firdaus Corporation

Just another WordPress.com site

BERKATA BAIK ATAU DIAM

Seperti yang terdapat di dalam hadist Arba’in tepatnya hadist ke -15, dari Abu Hurairah ra. menjelaskan bahwa Rasulullah saw, berkata “Barangsiapa beriman kepada ALLAH dan hari akhir, hendaklah berkata baik atau diam. Barangsiapa beriman kepada ALLAH dan hari akhir,hendaklah menghormati tetangganya, dan barangsiapa beriman kepada ALLAH dan hari akhir, hendaklah menghormati tamunya.”

Diskusi diriku dan teman-teman yang materinya disampaikan oleh Ummi kami tercinta, membahas tentang hal ini. Memang sering kali kita mendengar,bahkan berusaha mengamalkan, tapi seringkali pula kita lupa akan apa yang telah kita tahu dan berusaha kita amalkan itu.. Nah inilah pentingnya kita selalu berkumpul dan saling mengingatkan dengan saudara-saudara kita.

Subhanallah… Ummi yang selalu berkata lembut namun tegas,suaranya yang begitu jelas dan tidak ada tergesa-gesa. Menginggatkan hal yang telah lama kutahu… Banyak hal yang sia-sia yang telah dilakukan selama ini.. semua atas nama pergaulan…

Banyak mulut ini yang berkata sia-sia, walau mungkin seringkali kita tidak menyadarinya. Sejauh mana kita mengintrospeksinya.,… Oh, no…. Malu rasanya….Berguncing dengan tidak ada faidahnya. berkata yang tidak pantas di dengar… oh…banyak….

Dari kita berteman, seberapa kita bisa menata pergaulan kita…Dari kita melihat televisi, berapa banyak kata-kata yang tidak pantas dan tidak perlu harus kita tiru.. Dari keseharian kita, berapa banyak kata yang tidak perlu keluar dari mulut kita, marah, umpatan, keluh kesah, ungkapan kecewa yang tiada guna… Oh….very…very….banyak… oh… no……

Apalagi kita yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, keseharian kita bersama sang buah hati, mengasuh dan mendidiknya.. Berapa kata yang kita keluarkan yang tidak pantas yang tidak perlu didengar anak-anak kita, walau mungkin itu hanya sekedar perkataan ‘ah…”…. Oh…no…… kita adalah role model bagi anak-anak kita…usia yang masih balita akan sangat kuat merekam yang kita ucapkan….. Jangan salahkan anak kalau suka marah, jangan salahkan anak kalau suka berkata kasar, jangan salahkan anak kalau berkata yang tidak pantas… karena mereka melihat dan mendengar kita bagaimana berkata…oh..no…. Kesalahan besar telah terjadi…. gimana kita harus perbaikinya…ayo kita usahakan diri untruk selalu berkata yang baik, atau diam….. oh….semoga tidak terlambat… anak-anak yang didamba, jadi seorang yang berguna untuk peradaban dunia…..

Yang terpenting dalam keluarga kita, dengan teman-teman kita, semua orang di sekitar kita, selalu mengingatkan dalam hal kebaikan…

Seperti kata ummi,” kalau sahabat itu harusnya selalu mengingatkan kita,kalau tidak berarti bukan sahabat” So…berkatalah yang baik atau diam…. termasuk berkata baik untuk mengingatkan orang di sekitar kita dalam kebaikan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: